Monday, April 15, 2013

Filled Under: , , ,

Tutup Bensin BMW 325i Susah Dibuka

Share
Farid-Tale
Saat menjelang makan siang tadi ada kejadian yang sangat menegangkan untuk saya pribadi, bagai mana tidak menegangkan, pada saat bensin kritis dan sudah menyentuh 'E' tutup bensin tersebut 'ngelock'.
Kejadiannya ketika mau isi bensin di pom bensin Total di daerah Modernland Tangerang, petugasnya bilang, "tutup bensinnya terkunci pak". Lalu gw nengok ke central lock, ohh iya ternyata masih terkunci, setelah gw buka tapi ternyata si-tutup bensin itu tetap aja tidak bisa dibuka. Malah sampe gw turun dan coba buka-tutup central lock dari pintu utama, masih juga tidak merubah keadaan.
Gagal ngisi bensin, dan masih terus berfikir penyebab terkuncinya tutup bensin tersebut, gw tanya-tanya ke temen yg punya BMW. Mereka merekomendasikan beberapa bengkel BMW ngetop di daerah Bekasi dan BSD. Lalu gw coba telpon mekaniknya, dan hasilnya rata-rata menyarankan untuk dicek di bengkelnya. "Mas, gimana mungkin gw menjangkau bengkel lo!! Bensin gw aja tinggal setetes". Dalem hati gw bilang gitu.
Jurus terakhir gw pake, yaitu minta bantuan mbah Google. Setelah cari-cari dan mata gw tertuju di salah satu forum BMW Lovers Indonesia. Putar-puter sambil mantengin pertanyaan dan permasalahan sekitar BMW yang ada di forum itu, akhirnya nemu dua problem yang sama di permasalahan tutup bensin. Yang satu tangkainya patah, dan yang lainnya tidak bisa terkunci.
Naaaah, mungkin problem yang nomor dua yang bisa menyelesaikan masalah gw, kan tinggal kebalikannya. Gw baca sampai kelar itu thread, sampai akhirnya gw dapet kesimpulan 'motor'nya kotor.
Dengan peralatan dan barang-barang yang dibutuhkan sesuai yang dianjurkan di thread itu, gw mulai buka bagasi belakang, dan dilanjut buka cover bagasi, tepatnya yang di atas tempat accu, dan mulai terlihat kotak persegi panjang yang dibilang 'motor lock' (entah apa namanya, tapi bahasa gw bilang gitu). Ternyata, pin pengait yang ke 'motor' itu lepas. Pantesan aja ngelock terus.
Pin pengait itu bentuknya mirip-mirip dengan tali gas, tapi tidak sepanjang dan sebesar itu. Pin ini lebih pendek dan kecil. Kemudian seling pengait itu gw masukin ke 'motor'. Lalu gw coba untuk buka-tutup central lock dan berhasiiiiiiiiiil.....
Selesailah permasalahan Tutup Bensin BMW 325i yang terkunci ini. Terima kasih untuk mbah Google dan Forum BMW Lovers Indonesia. Dan semoga kisah ini dapat bermanfaat bagi mereka yang mempunyai masalah sama seperti yang gw alami.
-Farid-
Sent from my BlackBerry® Playbook™





0 comments:

Post a Comment